Content

Pengertian POI

Jumat, 27 Mei 2011
POI adalah bagaimana kita bisa menyampaikan tema atau pemikiran kita tentang objek foto kita. Menonjolkan satu objek untuk mendapatkan perhatian dari pemirsa sehingga dengan sekali melihat maka pemirsa tahu apa dan siapa yang hendak kita sampaikan. Disini POI ternyata mempunyai kedudukan yang penting jika hendak menyampaikan misi suatu foto.
POI bisa di dapatkan dengan cara memusatkan objek yang kita foto lebih menonjol. Setelah sering-sering membaca di forum dan sering-sering belajar dengan cara memperhatikan foto-foto yang masuk kategori ‘matang’ maka ada beberapa cara menonjolkan POI kita, diantaranya yaitu :
1. Memperhatikan komposisi dan porsi objek dalam foto. Bagaimana cara kita menempatkan suatu objek itulah yang menentukan bagaimana kita nanti menyajikan apa yang ingin kita sampaikan dalam suatu foto.
2. Melakukan cropping, lakukan cropping untuk membuang latar yang tidak diperlukan atau bahkan akan menyaingi POI kita.
3. Melakukan bluring, untuk kamera DSLR tentu ada settingan manual yang bisa untuk membuat bokeh alias blur BG, dalam bahasa kerennya di sebut DOF ( pengaturan ketajaman dalam foto ). Tetapi untuk kamera saku yang versi sederhana, bluring bisa dilakukan dengan bantuan software pengolah foto. Dalam hal ini adobe potoshop adalah sahabatku ketika aku butuh tampil lebih oke. hehe …
>>> ini adalah contoh foto yang tidak jelas POInya
@Bromo by Yantie
@Bromo by Yantie
>>> dan ini adalah POInya …. ekspresi gadis kecil
@Bromo, snapshot
@Bromo, snapshot
Dua foto tersebut diatas masih aseli jepretan kamera saku yang paling sederhana, coba bandingkan dengan foto di bawah ini :
persembahan by Yantie
persembahan by Yantie
sama-sama menggunakan kamera saku tetapi di olah sedikit di potoshop dengan bluring BG yang tidak merupakan POI.
So …. sedikit yang bisa aku bagikan karena memang masih sedikit pula ilmu yang ku dapatkan. Belajar terus dan terus belajar.
Kepada yang sudah senior, dan kebetulan mampir disini sudilah kiranya membagi ilmu kalian dengan menambahkan di komentar ya …

1 komentar:

DENNIS at: 4 Juni 2011 pukul 18.57 mengatakan...

http://desta-desain.blogspot.com/

KUNJUGI BLOG SAYA DONG KLIS

Posting Komentar